Profile
Join date: Mar 25, 2022
About

Cedera adalah bagian dari kehidupan. Karena alasan ini, kebanyakan orang tidak khawatir ketika mereka menerima cedera dengan luka ringan dan akut karena mereka mengharapkannya sembuh dalam waktu sekitar tujuh hari. Namun, pada beberapa kasus, luka akut tidak mengikuti proses penyembuhan biasa dan menjadi luka kronis. Kondisi ini dapat terjadi akibat trauma berat atau gangguan kesehatan

masalah terkait. Namun apapun penyebabnya, semua luka kronis berasal dari luka akut yang gagal sembuh dan bertahan lebih lama dari rata-rata waktu di luar pengobatan awal.

cek di, zicare

Meskipun perkiraan bervariasi, sebagian besar literatur medis mendefinisikan kisaran luka kronis sebagai empat minggu hingga tiga bulan.

Anda dapat menghindari komplikasi serius luka kronis dengan mempelajari segala sesuatu tentang gangguan ini, terutama jenis perawatan yang mereka butuhkan.


Apa itu luka kronis?


Seperti yang dinyatakan sebelumnya, luka kronis adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang akan dialami oleh sekitar 1 hingga 2 persen orang di negara maju pada suatu saat dalam hidup mereka.

Kemungkinan seseorang mengembangkan luka kronis meningkat seiring bertambahnya usia. Luka kronis dapat menyebabkan pasien sakit kronis, kehilangan fungsi, masalah mobilitas, stres, depresi, dan bahkan kematian. Juga, pasien luka kronis dapat bertahan lama rawat inap, tekanan keuangan, dan masalah lainnya. Di tingkat nasional,

sistem perawatan kesehatan Amerika Serikat menghabiskan lebih dari $25 miliar per tahun untuk perawatan luka kronis.


Apa penyebab luka kronis?


Biasanya, tidak ada faktor tunggal dari gangguan penyembuhan luka. Sebaliknya, biasanya ada banyak faktor yang terlibat.

Pernyataan ini benar karena tubuh manusia memiliki mekanisme yang tumpang tindih yang mencegah satu penyebab mengganggu penyembuhan luka. Faktor yang paling umum adalah infeksi, iskemia, kondisi metabolik, radiasi, dan imunosupresi.


Selain itu, luka kronis menunjukkan karakteristik yang sama. Mereka:


  • Penanda peradangan yang meningkat

  • Kadar protease tinggi

  • Penurunan proliferasi sel

  • Aktivitas faktor pertumbuhan minimal


Apa saja jenis-jenis luka kronis?


Meskipun semua luka dimulai sebagai akut, beberapa luka lebih rentan menjadi kronis. Mereka termasuk borok, luka tekan, luka baring, luka bedah, dan luka iskemik.

Jenis luka kronis yang paling umum adalah borok, termasuk borok kaki diabetik, borok vena, dan borok kaki diabetik. Karena itu, Anda harus memperhatikan mereka dengan cermat. Jika ada tanda-tanda peringatan terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Ulkus kaki diabetik terjadi akibat hilangnya sensasi pada ekstremitas bawah pasien dan kerusakan jaringan. Karena mereka kehilangan perasaan di daerah tersebut, banyak pasien diabetes tidak menyadari borok kaki mereka sampai mereka terinfeksi atau lebih buruk. Ulkus kaki diabetik dapat mengakibatkan amputasi pada kaki atau tungkai.


Produk apa untuk merawat luka kronis?

Produk untuk pembalut luka memainkan peran penting dalam merawat luka Anda dan mereka berperan penting dalam penyembuhan, pencangkokan kulit, atau penutupan luka. Namun, setiap luka memiliki karakteristik dan persyaratannya sendiri. Untungnya, ada berbagai macam pembalut luka yang tersedia. Di antara bermacam-macam dressing adalah:


  • busa

  • Kain kasa

  • Alginat

  • Hidrokoloid

  • Hidrogel

zicare2000
More actions